Terbaru

7/recent/ticker-posts

Ilham Habibie untuk memajukan jabar Hadir dalam Deklarasi Majelis Masyarakat Sunda,

 


Bandung, Sundapos.com - Para tokoh tokoh Sunda Jawa Barat mendeklarasikan Majelis Masyarakat Sunda (MMS), dengan tema Sunda Mulia Nusantara Jaya, deklarasi ini sebagai wadah gagasan atau pemikiran dalam memajukan Jawa Barat.

Wadah ini dibagi ke dalam tiga elemen, yakni pinisepuh, forum pakar dan badan pekerja, pelantikan ketiga elemen dilakukan di Aula Barat Gedung Sate, kota bandung  Senin (8/7/2024)

Deklarasi tersebut dihadiri tokoh Jabar yakni Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman dan Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie dan Prof Ganjar Kurnia.

Tim Formatur Majelis Masyarakat Sunda Prof Ganjar Kurnia mengatakan, Majelis Masyarakat Sunda terbentuk atas dasar bahwa masyarakat Sunda memiliki peran penting dalam berdirinya persatuan nasional dan Bhineka Tunggal Ika.

Untuk itu, orang Sunda hendaknya memelihara, mengembangkan dan mewariskan seluruh potensi Sunda untuk memajukan bangsa dan negara.

“Maka diperlukan wadah musyawarah di kalangan masyarakat Sunda
untuk memantik potensi masyarakat Sunda agar menjadi masyarakat yang lebih sejahtera,” jelasnya.

Fungsi Majelis Masyarakat Sunda dikatakanya untuk mengusulkan ke pemerintah terkait dengan kebijakan, kedaerahan dan budaya Sunda. “Kalau tidak didengar ya teungteungin. Dengan banyaknya tokoh di sini, seharusnya gagasan urang Sunda bisa diperhatikan oleh semua pihak.”

Sementara itu, putra pertama mantan Presiden Bj Habibie Ilham Habibie mengatakan, pembentukan Majelis Masyarakat Sunda ini adalah lanjutan dari Badan Musyawarah Sunda. Lembaga ini banyak mempersatukan organisasi dan tokoh-tokoh Sunda untuk memajukan Jabar kedepan.

“Lembaga ini lebih berdasarkan budaya, tokoh agama dan masyarakat di Jawa Barat. Ini bagus sekali untuk kita memaksimalkan secara terkoordinasi untuk membuat provinsi ini lebih maju, masyarakat lebih sejahtera, yang lebih sehat dan lebih semuanya,” ujarnya.

Ilham Habibie melihat isu krusial yang perlu dibahas Majelis Masyarakat Sunda ialah pada soal pendidikan, Ekonomi dan lapangan pekerjaan.[R]

Posting Komentar

0 Komentar